Cara Membuat Google Form atau Formulir Google Secara Mudah

Google Form atau Formulir Google adalah wadah untuk membuat bentuk dan kuesioner online secara gratis. Bagi Anda yang membutuhkan survei atau data terkait penelitian untuk merencanakan liburan dengan teman-teman, dapat menggunakan Google Form sebagai salah satu media suara modern. Cara membuat Form Google secara mudah.


Cara Membuat Google Form atau Formulir Google Secara Mudah
Selain mudah, cepat, dan gratis, data dimasukkan ke dalam Form Google dijamin dan semua data akan disimpan secara otomatis di Google Drive Anda.

Berikut Adalah Cara Untuk Membuat Formulir Google Secara Mudah.

1. Buat akun Gmail pertama.

Jika Anda sudah memiliki akun gmail, langkah berikutnya adalah untuk mengakses Form situs Google di https://docs.google.com/forms/.

2. Pilih bentuk template yang Anda inginkan dan pastikan template sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

3. Jika Anda ingin membuat template Anda sendiri yang Anda inginkan, Anda dapat mengklik '+' di sudut kiri Google Form. Menu ini berguna untuk sebuah halaman kosong atau halaman kosong yang bisa dikreasikan sesuai kemauan Anda.

4. Setelah memilih template yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah klik 'Untitled Form' dan mengisi judul kuesioner yang akan membuat. Kemudian, mengisi Formulir Keterangan untuk menjelaskan kuesioner untuk diisi. Sebagai contoh, menjelaskan tujuan dan maksud dari kuesioner yang Anda buat untuk memudahkan responden.

5. Pilih sebuah pertanyaan yang ingin Anda gunakan pada kuesioner tersebut. Misalnya, Anda ingin menggunakan jawaban pilihan ganda kemudian klik (Multiple Choice).

6. Anda juga dapat mengatur bentuk panjang kuesioner menjadi paragraf jawaban. Selain itu, Form Google juga pilihan jawaban Centang (Check box) dan Up Down (Dropdown).

7. Jika Anda ingin menambahkan pertanyaan selanjutnya, cukup klik '+ = di sebelah kanan.

8. Itu kuesioner semakin jelas dan menarik, Anda juga dapat menambahkan foto atau dokumen dengan 'Send' atau 'Send' di sudut kanan atas.

10. Setelah selesai membuat kuesioner, langkah berikutnya adalah untuk berbagi link Form Google kepada responden.

11. Jika Form Google link atau url terlalu panjang, Anda dapat mempersingkat dengan mengklik 'Shortcut URL' atau 'Shorten URL' diikuti oleh 'Copy'.

12. Lngkah terakhir dari cara membuat Form Google diperiksa kuesioner yang telah atau jawaban responden, klik pada 'Masukan' dan cocok kanan.

Itulah Cara Membuat Formulir Google secara mudah, dan bisa Anda coba sendiri di Handphone atau Komputer masing-masing.

0 Response to "Cara Membuat Google Form atau Formulir Google Secara Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel