Cara Membuat Akun dan Manfaat LinkedIn Secara Mudah

LinkedIn tidak hanya dipakai untuk para profesional dan pebisnis supaya lebih produktif dan memperluas network, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan.

Cara Membuat Akun dan Manfaat LinkedIn Secara Mudah
Melalui fitur di dalamnya, LinkedIn memudahkan para calon pekerja menemukan berbagai perusahaan yang sedang membuka lowongan.

Bagi Anda yang tengah mencari pekerjaan atau ingin mengembangkan karier profesional dan bisnis, tentu tak ada salahnya memanfaatkan situs jejaring sosial LinkedIn.

Apa Itu LinkedIn?

Mengutip pada situs resmi, LinkedIn merupakan sebuah situs jejaring sosial yang sudah dirancang khusus untuk kepentingan bisnis dan karier profesional.

Namun cara kerjanya tak seperti media sosial pada umumnya yang bebas 'berkawan' dengan siapa saja, LinkedIn menjadi strategi untuk membangun hubungan atau relasi strategis yang berkualitas.
Dilihat dari profil akunnya pun, LinkedIn dikonstruksi secara seprofesional.

Tidak akan ada orang mem-posting gambar atau foto sedang berlibur, meme lucu, atau memasang status berisi keluh kesah masalah pribadi dan percintaan, karena memang situs ini ditujukan untuk para profesional, sehingga semua diarahkan semata untuk karier dan bisnis.

Cara Membuat Akun LinkedIn

Kendati terkesan 'serius' ketimbang media sosial lainnya, mempelajari cara menggunakan LinkedIn tidak sesulit yang dibayangkan. Bagi para pencari kerja, sebelum bebas berselancar sepuasnya mencari pekerjaan yang diinginkan, tentu harus memiliki akun LinkedIn terlebih dahulu.

Masuk dan registrasi ke dalam LinkedIn gratis, tapi Anda bisa upgrade ke layanan berbayar (paid subscriptions) premium. Tapi layanan gratisnya saja sudah cukup bagi pencari kerja atau karyawan biasa untuk mengembangkan jejaring profesionalnya.

Berikut cara membuat akun LinkedIn:

1. Masuk ke laman atau aplikasi LinkedIn

2. Arahkan ke bagian LinkedIn check in Page (Halaman Pendaftaran LinkedIn)

3. Masukkan data diri, mulai dari:

- Nama depan

- Nama belakang

- Alamat e-mail yang bisa dihubungi

- Kata sandi, berfungsi untuk pengaman bila hendak mengaksesnya kembali

- Setelah itu akan muncul pop-up terms and conditions atau syarat dan ketentuan. Ada baiknya baca itu terlebih dahulu secara utuh dan lengkap agar di kemudian hari tidak menyesal sebab sudah memberikan akun pribadi ke LinkedIn.

Catatan: Dalam laman resminya LinkedIn menyarankan untuk menggunakan nama atau perusahaan asli. Nama samaran, nama gaul, atau nama kecil tidak diizinkan.

Setelah Anda mempunyai akun, dan mengisi isi semua data identitas diri Anda, mulai dari pengalaman kerja, pendidikan dan juga keahlian supaya memudahkan pada perusahaan mengetahui kepribadian si pendaftarnya.

Di era teknologi saat ini, tidak jarang perusahaan juga akan mencari tahu seluk beluk calon pekerjanya dengan profiling akun LinkedIn si pelamar.

Oleh karena itu, adalah hal baik jika akun LinkedIn yang dimiliki tertata rapi juga bersih alias bebas dari konten-konten negatif. Sebagai catatan jika punya karya yang baik dalam tulisan, video, atau lainnya sangat direkomendasikan agar memublikasikannya di dinding (wall) LinkedIn.

Ini seperti Facebook, hanya saja lebih seperti personal branding atau promosi diri secara profesional.

Menggunakan Fitur LinkedIn

Bagi yang belum pernah menggunakan atau memiliki akunnya, belum familiar dengan istilah-istilah yang ada adalah hal wajar. Sekarang saya akan merangkum istilah dasar untuk memudahkan menggunakan fitur dalam LinkedIn.

1. Akun

Akun adalah pengaturan yang disediakan untuk seseorang oleh perusahaan penyedia jasa internet sehingga mendapatkan fasilitas internet, misalnya mengirim dan menerima unggahan digital.

2. Who Viewed Your Profile

Fitur ini untuk mengetahui siapa saja yang pernah berkunjung ke akun pengguna. Sayangnya fitur ini terbatas. Tidak semua orang yang mengunjungi profil bisa diketahui. Untuk membuka fitur tersebut secara utuh, LinkedIn juga menyediakan format akun yang berbayar atau versi premium.

3. My Network

Fitur ini menampilkan orang-orang yang telah terhubung dengan akun Anda. Semacam fitur 'add friends' pada akun Facebook. Anda bisa menambahkan atau ditambahkan oleh orang lain.

4. Jobs

Fitur ini tersedia untuk mencari pekerjaan. Ketika memilih menu ini, selanjutnya akan diarahkan Search for your job. Tersedia 2 tools, yang pertama yaitu dengan pencarian melalui title, skill, atau company (cari dengan berdasarkan judul, keahlian, atau perusahaan). Di situ Anda bisa memasukkan salah satu keyword antara pilihan judul, keahlian, atau perusahaan.

Kedua, ialah tool yang yang berisi city, state, or zip code (kota, wilayah, kode pos). Bagian ini bisa diisi di daerah atau lokasi mana pengguna hendak bekerja. Setelah memasukkan semuanya, tekan search dan pekerjaan yang telah ditentukan akan tersedia.

Jika tidak ada hasil, mungkin saja pencarian kurang spesifik, salah input, atau memang tidak ada pekerjaan di kota yang dituju atau perusahaan tidak memasang iklan di LinkedIn.

Manfaat LinkedIn

Personal Career Coach Sarah Rycraft yang menjabarkan tujuh manfaat bergabung bersama LinkedIn, yaitu:

1. Meningkatkan Potensi Profil Anda Dilirik Oleh HRD

Sebagian besar perusahaan menggunakan LinkedIn untuk mencari tahu banyak dalam tentang pelamar. Karena dengan alasan inilah, melihat profil LinkedIn seperti CV. Profil LinkedIn yang baik juga dapat membantu meningkatkan harga jual Anda sebagai pelamar kerja.

2. Menunjukkan Keahlian dan Kredibilitas

Profil LinkedIn meningkatkan membangun kepercayaan pada perusahaan karena terdapat rekomendasi dan koneksi yang menjadikannya nilai plus.

3. Dapat Digunakan Untuk Mencari Tahu Detail Perusahaan

Melalui akun LinkedIn ini, Anda bisa meneliti perusahaan, pewawancara, perekrut, dan karyawan disini. Ini sangat penting diketahui sebelum Anda mengirimkan sebuah lamaran maupun akan menjalankan wawancara.

4. Memiliki dashboard lowongan pekerjaan yang baik

Lowongan baru yang ada di situs LinkedIn mungkin saja tidak dipasang di dashboard tradisional lainnya. Anda juga bisa langsung melamar pekerjaan menggunakan LinkedIn, menyimpan pencarian pekerjaan, serta memberi tanda kepada perekrut bahwa Anda tengah membuka peluang untuk mencari pekerjaan baru.

5. Meningkatkan bukti keterampilan

Fitur ini memungkinkan orang lain merekomendasikan keterampilan dan pekerjaan Anda sebelumnya. Dengan dukungan tersebut, memperkuat kredibilitas Anda terhadap perekrut atau perusahaan pemberi kerja.

6. Mengikuti dan menilik tempat kerja impian

LinkedIn memungkinkan Anda mengikuti perusahaan dan orang-orang yang bekerja di sana. Dengan begitu, bisa mengikuti perkembangan keduanya sehingga memudahkan Anda untuk menargetkan bekerja di sana.

7. Tergabung dalam komunitas

Komunitas dapat menjadi sarana untuk bertemu dengan orang yang memiliki karier sama, minat profesi yang sama, atau bekerja dalam industri yang sama. Dengan masuk di komunitas, tentu akan memberikan banyak diskusi dan insight topik terkait yang bisa meningkatkan pengetahuanmu.

Itulah Cara Membuat Akun dan Manfaat LinkedIn untuk pengembangan karier. LinkedIn tidak hanya memungkinkan Anda terlibat kedalam forum dan juga bergabung dengan komunitas, tapi juga memudahkan supaya Anda mencari kerja secara gratis.

0 Response to "Cara Membuat Akun dan Manfaat LinkedIn Secara Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel