Sebuah Putaran Baru Pada Industri 4.0 Disaat Pandemi Dan Teknologi Bertemu

Jika Revolusi Industri Keempat membutuhkan sarana untuk mempercepat inovasi, Covid-19 adalah pedal gasnya. Dikenal sebagai Industri 4.0, fase perubahan dan inovasi epik ini mengacu pada perubahan yang berkembang pada alur kerja kita menggunakan Internet of Things dan kombinasi sistem fisik siber.

Sebuah Putaran Baru Pada Industri 4.0 Disaat Pandemi Dan Teknologi Bertemu

Transisi cepat ke keadaan normal baru dalam bisnis sering dikaitkan dengan pandemi Covid-19. Tetapi Industri 4.0 telah memasuki tempat kerja sebagai teknologi intuitif yang terintegrasi dan sering kali mendefinisikan kebiasaan manusia sehari-hari, dengan contoh seperti ponsel pintar, perangkat yang dapat dikenakan, pencetakan 3D dan belanja online yang disesuaikan.

Pada 30 Juli, semua negara bagian AS sudah berada dalam fase pembukaan kembali meskipun pada tingkat yang berbeda-beda, mungkin tidak akan jauh berbeda dengan Indonesia. Namun membuka kembali bisnis selama masa-masa yang tidak pasti ini telah mempercepat banyak perusahaan di semua industri untuk mengandalkan teknologi yang terhubung ke Industri 4.0 saat mereka memulai lingkungan kerja dan strategi bisnis baru.

Lingkungan kerja yang fleksibel, jika bukan jarak jauh, akan tetap menjadi bagian permanen dari tempat kerja karena masalah kesehatan dan pengaruh perubahan waktu. Dan dengan perubahan tersebut muncul kebutuhan akan tenaga kerja yang berkembang, sangat terampil dan lingkungan yang lancar, gaya manajemen baru dan pendekatan penjualan yang baru dan lebih baik untuk pelanggan yang berubah. Berikut ini empat area yang paling banyak mengalami perubahan yang terjadi.

Lingkungan Kerja Baru


Keunikan lingkungan kerja baru adalah bahwa ini sama sekali bukan lingkungan tradisional. Hari-hari berkumpul di sekitar pendingin air untuk mendapatkan berita kantor terbaru sudah berlalu. Sebaliknya, tempat kerja baru adalah jaringan karyawan yang berkolaborasi dari belahan dunia yang jauh. Di beberapa perusahaan, komitmen terhadap koneksi pribadi berarti sering menggunakan alat seperti Slack untuk berinteraksi dengan rekan kerja, berdasarkan minat atau tema yang sama. Bahkan sering menggunakan Slack untuk membagikan penghargaan publik bagi anggota tim yang bekerja dengan baik dalam sebuah proyek atau melampaui batas dengan membantu rekan kerja.

Menurut studi terbaru Salesforce, "Kita akan melihat perangkat terhubung yang meningkatkan kerja sama antar tim, otomatisasi tempat kerja, dan perangkat terhubung yang meningkatkan proses bisnis. Revolusi juga dapat membawa kesiapsiagaan bencana yang lebih baik."

Di Bawah Manajemen Baru


Peran manajer akan memanfaatkan serangkaian keterampilan yang tidak bergantung pada "presenteeism" untuk mengukur produktivitas karyawan. Namun, perlu sering berbagi umpan balik dengan tenaga kerja jarak jauh dan mengembangkan keterampilan komunikasi akut untuk memastikan alur kerja yang konsisten, tujuan yang jelas, dan harapan yang ditentukan dengan baik. Misalnya, manajer perlu memusatkan perhatian dari jam kerja ke mengukur pencapaian dan hasil.

Bahkan sebelum pandemi, bisnis global sedang bergerak menuju transformasi. Untuk menavigasi dengan sukses, para pemimpin harus diberitahu tentang perkembangan teknologi yang berdampak pada industri dan tempat kerja mereka. Mengadopsi teknologi seperti sesi dasbor jarak jauh, misalnya, dapat membantu para pemimpin mengawasi tim dukungan dan mengelola sesi dukungan, mengawasi distribusi beban sesi, dan memantau desktop perwakilan. Pengetahuan ini akan mempersiapkan manajer untuk memimpin tim mereka melalui transisi.

Tenaga Kerja Baru


Siapa karyawan baru itu? Umumnya, mereka adalah seseorang yang dapat beradaptasi dengan budaya kolaboratif berbasis internet dan sudah terbiasa dengan fleksibilitas dan kesegeraan yang disediakan oleh teknologi baru.

Ketajaman untuk teknologi digital juga menguntungkan industri manufaktur karena lebih banyak perusahaan beralih ke robotika dan inventaris otomatis serta proses manajemen pesanan yang membutuhkan pekerja terampil.

Tapi bagaimana dengan lingkungan kerja yang baru? Survei fokus Forbes HR baru-baru ini menemukan bahwa pengalaman karyawan menempati peringkat pertama di antara separuh pekerja yang disurvei, diikuti oleh keinginan untuk fokus pada penggunaan teknologi dan kecerdasan buatan untuk mengotomatiskan tugas-tugas rutin (41%). Kedua faktor tersebut berperan dalam pergeseran dari "fasilitas" yang diterapkan pada ruang kantor fisik menjadi keinginan untuk terlibat dalam hubungan yang lebih bermakna dan bertahan lama dengan rekan kerja dan pemberi kerja, seringkali dalam ruang virtual. Terdengar akrab? Temui pelanggan.

Temui Pelanggan Baru


Perusahaan Anda telah bertahan dari banyak perubahan dalam waktu singkat. Penting untuk diingat bahwa pelanggan Anda mengalami ketidakpastian yang sama saat mereka bergerak maju. Untuk membangun hubungan yang bermakna, fokuslah pada pendekatan penjualan yang berpusat pada pelanggan. Artinya memberikan layanan pada waktu yang tepat, kepada orang yang tepat, dengan tujuan membantu mencapai suatu tujuan.

Agar tetap kompetitif, bisnis tidak hanya mengumpulkan data tetapi juga memanfaatkan kemampuan AI untuk melacak pola dalam data ini, semuanya dalam waktu nyata.

Misalnya, sistem CRM dan ERP yang disesuaikan, terintegrasi dengan aplikasi kuotasi ke kas, mengatur data dan menentukan riwayat pembelian dengan mengumpulkan data tentang pembelian, inventaris, harga, dll. Sementara tim penjualan Anda berfokus pada kebutuhan emosional pelanggan, a Sistem quote-to-cash membawanya pulang dengan membantu tim penjualan Anda memahami dan mengidentifikasi permintaan pasar, preferensi pelanggan, dan tren dalam pola pembelian.

Ini adalah saat-saat yang meresahkan untuk bisnis, tentunya. Tetapi keadaan ini juga bisa menjadi pemicu yang kita butuhkan untuk mengeksplorasi revolusi baru dalam strategi bisnis, yang didorong oleh permulaan teknologi transformatif yang tak terelakkan dan alur kerja normal baru dalam sehari-hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel